page

Blogger Tips And Tricks|Latest Tips For Bloggers Free Backlinks

Jumat, 11 Maret 2011

Tsunami di Jepang 11 Maret 2011





Tokyo (CNN) - Sebuah gempa berkekuatan 8,9 menghantam Jepang Utara pada Jumat, memicu tsunami dan mengirim gelombang besar dipenuhi dengan puing-puing yang meliputi perahu dan rumah merayap ke tanah.

Jumlah korban jiwa tidak jelas, namun berita Jepang Kyodo melaporkan sedikitnya 10 orang tewas dan melukai banyak.





Gempa ini menyebabkan 19 negara dan sejumlah kepulauan Pasifik untuk mengeluarkan peringatan tsunami. Hal ini diikuti oleh gempa susulan yang kuat yang dirasakan di ibukota Tokyo.


Pusat gempa adalah 373 kilometer (231 mil) dari Tokyo, UnitedStates Geological Survey mengatakan. Namun, warga terusmerasa ada gempa susulan lama setelah gempa.


Di Tokyo Station, salah satu stasiun kereta bawah tanah tersibuk Jepang, mereka semua saling menenangkan diri. Anak-anak menangis. Pengumuman melalui loudspeaker stasiun memperingatkan penumpang untuk tetap di bawah tanah. 





Peta: gempa 8,9Mobil banyak terendam air setelah gempa 


    * Gempa Bumi
    * U. S. Survei Geologi
Semua transportasi bus dan kereta api jalur terputus, pekerja, anak-anak sekolah,kantor dan sekolah ditutup.
Perdana Menteri Jepang Naoto Kan meminta tenang dan mengatakan tidak ada laporan kebocoran bahan radioaktif dari pembangkit listrik.
Seorang juru bicara pangkalan militer AS di Jepang mengatakan tidak ada laporan segera kerusakan signifikan atau cedera di sana.
Gempa mengguncang bangunan dan menggulingkan mobil dari jembatan dan masuk ke perairan di bawahnya. Gelombang puing mengalir seperti lava di lahan pertanian, mendorong perahu, rumah dan trailer.
Petugas pemadam kebakaran api berjuang di sebuah kilang minyak di prefektur Chiba di dekat Tokyo. 
"Ini lebih besar dari apa pun yang diharapkan dan pergi lebih lama," kata Matt Alt di Tokyo.
"Istri saya adalah seseorang tenang ... dia menyuruh kami untuk turun agar anda tidak terjebak."
Richard Lloyd Parry mengatakan ketika gempa melanda, ia melihat melalui jendela dan melihat bangunan gemetar dari sisi ke sisi.
"Central Tokyo baik-baik saja dari kita lihat, orang tenang ... dan tidak masuk ke dalam gedung," katanya.
Seperti gempa bumi besar di kedalaman dangkal seperti menciptakan banyak energi, kata Shenza Chen dari US Geological Survey.
Hal ini menyebabkan pemadaman listrik di sekitar 4 juta rumah di Tokyo dan sekitarnya.
Tsunami melanda seluruh Samudra Pasifik, dengan dinding air menuju lebih dari selusin negara.
Gempa ukuran yang dapat menghasilkan tsunami berbahaya bagi pantai di luar kawasan sumber, Layanan Cuaca Nasional mengatakan.
Lembaga-lembaga kemanusiaan yang bekerja sama dengan kru penyelamat untuk mencapai masyarakat yang terkena dampak.
"Ketika seperti gempa bumi dampak negara maju seperti Jepang, keprihatinan kita juga berubah ke negara-negara seperti Filipina dan Indonesia, yang mungkin tidak memiliki sumber daya yang sama," kata Rachel Wolff, juru bicara World Vision.
Wolff mengatakan badan nya adalah membantu orang di tanah di Jepang dan bekerja sama untuk membantu orang lain di negara-negara sepanjang jalan tsunami.
Di Filipina saja, tsunami diharapkan untuk memukul di pagi hari dan pemerintah telah memerintahkan evakuasi dari 19 provinsi di sepanjang pantai, yang bisa mempengaruhi ratusan ribu orang.






Pihak berwenang di sedikitnya 20 negara dan berbagai kepulauan Pasifik mengeluarkan peringatan tsunami, Dinas Cuaca Nasional mengatakan.
Daftar luas termasuk Rusia dan Indonesia, negara-negara Amerika Tengah seperti Guatemala, El Salvador dan Kosta Rika dan negara bagian AS Hawaii, dimana sirene peringatan terdengar di pagi hari.


Tsunami bisa menyebabkan kerusakan "sepanjang garis pantai dari semua pulau di negara bagian Hawaii," memperingatkan US National Oceanic and Atmospheric Administration. "Mendesak tindakan harus diambil untuk melindungi nyawa dan harta benda."
Tsunami adalah serangkaian gelombang laut panjang yang bisa bertahan lima hingga 15 menit dan menyebabkan banjir besar di wilayah pesisir. Sebuah suksesi gelombang dapat menekan - seringkali yang tertinggi tidak menjadi yang pertama, kata CNN meteorologi Ivan Cabrera.
Gempa itu adalah yang terbaru dalam serangkaian di wilayah tersebut pekan ini.
Awal Kamis, gempa dengan berkekuatan awal 6,3 terjadi di lepas pantai Honshu.
Sehari sebelumnya, gempa 7,2 SR terjadi di lepas Honshu, badan meteorologi di negara itu mengatakan.
Gempa terbesar tercatat terjadi di Chile pada tanggal 22 Mei 1960, dengan kekuatan 9,5, kata USGS. gempa Kamis adalah-kelima terkuat di dunia sejak tahun 1900, kata badan itu.


Sumber :
http://mobile16.blogspot.com/2011/03/gempa-di-jepang-11-maret-2011.html

0 komentar:

Poskan Komentar